Skip to content

3 Hal Yang Dialami Penderita Gigi Sensitif

Tentu menjadi penderitaan tersendiri bagi yang mempunyai gigi sensitif saat memakan makanan dingin atau mungkin minum minuman dingin. Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan gigi sensitif? Apa saja pencegahannya dan solusinya? Yuk mari cari tahu di artikel ini.

Sebab Terjadi Gigi Sensitif

Gigi sensitif bisa terjadi karena enamel atau lapisan pelindung gigi Anda rusak dan membuat akar gigi menjadi terlihat. Kondisi tersebut menyebabkan gigi Anda tidak bisa mendapat tekanan yang berbeda apabila Anda makan atau minum. Selain itu, lubang pada gigi, tambalan gigi, gigi retak juga bisa menyebabkan gigi sensitif. Obat sakit gigi serta efek pemutihan gigi yang tidak cocok juga bisa menyebabkan gigi sensitif. Banyak hal yang bisa membuat gigi Anda menjadi sensitif tersebut tentu saja tidak bisa Anda anggap remeh. Sebab gigi sensitif tentu bisa berpengaruh juga pada aktivitas Anda. Apabila tidak segera diatasi, tentu membuat aktivitas Anda menjadi terganggu.

Apa Yang Dialami Penderita Gigi Sensitif

  1. Yang biasa dialami oleh penderita gigi sensitif yaitu Rasa ngilu dan nyeri yang dialami oleh Anda ketika makan atau minum. Hal itu menandakan jika Anda mengalami gigi sensitif. Atau Khusus ketika Anda mengonsumsi makanan panas atau makanan yang dingin, gigi Anda peka terhadap rangsangan tersebut dan membuat gigi menjadi ngilu. Apalagi jika setelah mengonsumsi makanan atau minuman panas setelahnya mengonsumsi makanan atau minuman dingin, tentu kondisi gigi Anda menjadi lebih ngilu, begitu pun sebaliknya.
  2. Jika Anda memakan makanan yang manis tiba-tiba Anda ngilu setelahnya, gigi Anda juga bisa dikatakan sebagai gigi sensitif. Hal ini terjadi karena gigi Anda mengalami tekanan terhadap makanan manis, atau tidak bisa menerima makanan yang manis. Makanan manis mengandung konsistensi yang tidak bisa diterima oleh permukaan gigi, misalnya karena lapisan luar dan dalam yang berbeda, maka memuat gigi Anda tidak kuat merasakan manis tersebut. Selain itu apabila minuman atau makanan Anda memiliki Kadar asam yang tinggi juga menyebabkan gigi menjadi sensitif.
  3. Dan, Jika Anda membuka mulut dengan lebar dan menyebabkan udara masuk lalu Anda merasa ngilu karenanya, gigi Anda juga bisa menjadi sensitif. Apalagi ketika sedang menguap atau bersin, hal ini terjadi pada Anda yang memiliki gigi yang bisa dikatakan sudah rapuh, atau gigi yang tidak kuat menahan rasa ataupun tekanan.

Cara Menghindari Gigi Menjadi Sensitif

Tentu saja, supaya Anda bisa membuat gigi Anda tidak sensitif, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu Anda hindari. Anda bisa melakukan pencegahan supaya Anda tidak mengalami ngilu karena gigi yang sensitif, misalnya:

  • Lakukan perawatan gigi minimal enam bulan sekali. Sebab apabila Anda rajin melakukan perawatan gigi, konsultasi Anda dengan ahli gigi bisa membuat Anda tahu kondisi terbaru dari gigi Anda. Sehingga dengan begitu Anda pun bisa menghindari apa yang menyebabkan gigi Anda menjadi sensitif, bahkan bisa memperbaiki kondisi gigi yang sensitif apabila memungkinkan.
  • Rawat gigi dan rongga mulut Anda, karena mulut dan gigi merupakan bagian penting dari tubuh yang juga perlu untuk dirawat. Apabila kondisi gigi dan mulut tidak dijaga, tentu selain sensitif juga akan memunculkan penyakit-penyakit yang terkadang juga bisa membahayakan.
  • Membersihkan gigi secara teratur. Ganti sikat gigi dengan sikat yang lebih halus atau lembut yang tidak menyebabkan gigi sakit. Karena pada beberapa orang yang mengalami sensitivitas pada gigi, memakai sikat gigi yang salah membuat gigi menjadi sakit. Untuk itu, sebaiknya gunakan pasta gigi serta sikat khusus gigi sensitif supaya tidak membuat gigi Anda sakit. Dan, menyikat gigi dengan benar juga bisa membuat gigi Anda menjadi tidak sakit.

Apabila Anda mengikuti cara diatas, tentu saja Anda bisa terhindar dari gigi sensitif dan bisa Anda kurangi untuk mendapatkan hal seperti yang dialami oleh penderita gigi sensitif.