Skip to content

4 Hal Yang Menyebabkan Gigi Berlubang

Tanpa Anda sadari, sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gigi Anda menjadi berlubang, dan faktor-faktor tersebut disebabkan karena apa yang Anda lakukan dalam merawat gigi. Sebab, walaupun Anda rajin menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari, itu belum cukup membantu merawat kondisi gigi Anda untuk terhindar dari penyakit gigi, yang salah satunya adalah gigi berlubang. Ada banyak alasan yang bisa membuat gigi Anda menjadi berlubang dan menjadi sangat perlu Anda ketahui supaya Anda bisa mencegah hal tersebut.

Melindungi gigi berlubang tidaklah dengan merawat gigi berlubang. Karena pada teorinya, apabila Anda merawat gigi ialah cara Anda membuat gigi Anda selalu terlihat bersih, segar, putih. Sedangkan apabila Anda melindungi gigi Anda, caranya yang paling mudah, yaitu selain gigi Anda terlihat bersih, putih, dan segar, gigi Anda juga sehat, yang tentunya hanya bisa Anda rasakan sendiri sebagai pemilik gigi tersebut. Serta, apabila kondisi Anda sedang tidak baik disebabkan karena masalah pada gigi Anda, Anda sendiri juga yang akan merasakannya.

Gigi Berlubang Sulit Ditangani

Apabila Anda mengalami gigi berlubang, yang terjadi pada kondisi gigi Anda biasanya mengalami kerusakan yang jelas pada bagian gigi, namun kerusakan tersebut tidak bisa Anda sadari dengan cepat karena kerusakannya perlahan. Kerusakan tersebut bisa hingga membentuk lubang yang membuat keroposnya gigi Anda atau gigi tersebut langsung mengalami kondisi yang parah. Bentuk lubangnya bisa berwarna hitam atau coklat gelap. Apabila Anda tidak segera melakukan pencegahan pada gigi Anda, tentu saja apabila gigi telah berlubang, gigi Anda tidak bisa berubah ke bentuk sebelumnya.

Gigi Berlubang Perlu Pencegahan

Menimbulkan rasa nyeri apabila sudah terasa lubang yang sakit, gigi menjadi berdenyut-denyut serta bisa membuat rahang, telinga, hingga membuat kepala Anda menjadi sakit. Beberapa yang pernah mengalami juga mengatakan apabila gigi berlubang mirip dengan rasa sakit yang dialami oleh orang yang sedang sakit gigi yang ngilu pada bagian gigi, tidak bisa mendengar suara berisik, dan semua hal tersebut membuat melambatnya aktivitas sehari-hari Anda.

Faktor Penyebab Gigi Berlubang

Setidaknya, ada 4 hal yang menyebabkan gigi Anda menjadi berlubang dan harus Anda ketahui, yaitu:

  • Pola makan

Konsumsi makanan bisa menyebabkan gigi berlubang. Misalnya makanan yang mengandung banyak zat gula seperti karbohidrat dan minuman yang bersoda bisa membuat rusaknya gigi Anda. Pola makan Anda yang tidak teratur dan Anda pun tidak melihat apa yang Anda makan bisa menyebabkan kerusakan pada gigi Anda apabila tidak terdapat keseimbangan pada pola makanan Anda.

  • Bakteri dan plak gigi

Bakteri yang hidup di permukaan gigi, bakteri yang menyerang sela-sela gigi, bakteri yang menyerang lapisan luar gigi. Bakteri menjadi plak karena zat gula pada makanan/minuman. Plak menyebabkan karang gigi yang memiliki zat asam menutupi permukaan gigi.

  • Konsumsi rokok dan alcohol

Tembakau yang terkandung pada rokok mengurangi produksi air liur, padahal air liur dibutuhkan dalam proses untuk menjaga gigi supaya tetap bersih atau tidak kering. Alkohol bersifat keras dan lama kelamaan bisa mengikis enamel (pelindung gigi)

  • Kebersihan mulut

Ngemil makan-makanan secara sembarangan dan setelahnya tidak membersihkan gigi, tentu saja membuat gigi Anda menjadi tidak bersih . Lalu bakteri bisa bermunculan dan merusak gigi Anda dengan membuat lubang pada gigi. Setidaknya setelah makan gigi, Anda sebaiknya menyikat gigi dengan pasta gigi berflouride supaya tidak ada sisa bekas makanan yang bisa membuat rusaknya gigi Anda dan menyebabkan lubang.

Gigi berlubang ini dialami oleh anak-anak dan dewasa. Sakit gigi parah tentu tidak mau dialami. Setidaknya lakukan pemeriksaan gigi supaya mencegah timbulnya gigi berlubang serta selalu mencegah supaya gigi menjadi tidak berlubang. Dan, sebaiknya Anda menghindari apa saja yang membuat gigi Anda menjadi berlubang seperti penjelasan diatas.