Skip to content

Alasan Orang Indonesia Belanja Ke Luar Negeri

Banyak sekali ditemui pada sebagian masyarakat Indonesia yang hidup dengan ekonomi menengah ke atas. Kebanyakan dari masyarakat tersebut cenderung mempunyai hobi khusus, yakni sama-sama senang berbelanja barang di luar negeri. Hal ini agaknya diketahui dari penggunaan jasa import yang cukup tinggi di Tanah Air.

Selain itu, informasi yang diperoleh dari Kementerian Pariwisata juga menyebutkan bahwa Indonesia masuk dalam kategori negara dengan masyarakat yang gila belanja di dunia. Adapun perilaku belanja orang Indonesia biasanya berbentuk barang branded seperti jam tangan, tas, sepatu hingga pakaian yang dikenakan.

Melihat minat masyarakat menengah atas yang umumnya gemar berbelanja barang branded, maka tidak salah jika Perancis menjadi negara yang cukup sering dikunjungi oleh masyarakat kelas atas di Tanah Air. Uang yang dihabiskan untuk belanja sendiri nilainya juga sangat besar.

Melihat hal tersebut, akan timbul pertanyaan mengapa banyak orang Indonesia kelas atas yang menghabiskan uang untuk berbelanja ke luar negeri? Untuk mari ikuti informasi selengkapnya yang akan dibahas dalam pembahasan artikel di bawah ini.

Alasan Masyarakat Berbelanja ke Luar Negeri

Ketika masyarakat memutuskan untuk berbelanja barang-barang di luar negeri, pastinya ada alasan yang mendorong hal tersebut. Berikut beberapa alasan mengapa masyarakat gemar berbelanja ke luar negeri.

  • Produk Tanah Air dikenal berkualitas rendah

Alasan pertama mengapa banyak masyarakat berbelanja ke luar negeri tak lain dan tak bukan ialah karena kualitas yang dihasilkan oleh produk lokal masih rendah dan belum mampu bersaing dengan kualitas yang dihasilkan oleh produsen internasional. Alasan tersebut yang menjadikan masyarakat berlomba dalam membeli barang di luar negeri.

  • Produk yang kurang inovasi

Biasanya, produk yang dihasilkan oleh produsen luar akan senantiasa update dan memberikan inovasi menarik untuk pelanggannya. Hal ini cukup berbeda dengan produk lokal dimana produk yang dihasilkan masih minim inovasi dan cenderung masih meniru inovasi yang dihasilkan oleh produsen internasional. Inilah yang membuat masyarakat kalangan atas lebih memilih berbelanja sesuatu barang di luar negeri.

  • Kemasan yang menarik

Alasan lain yang mendasari minat masyarakat untuk berbelanja barang di luar ialah karena tampilan kemasan yang menarik. Produk luar akan sangat memperhatikan detail dari kemasan untuk tampilan yang istimewa kepada pelanggannya. Terlebih kini tampilan kemasan juga dapat lebih terjaga, sehingga kualitas barang dan tampilan dengan baik.

Tips Berbelanja Mudah

Sekarang ini berbelanja barang-barang yang ingin diperoleh dari luar negeri caranya cukup mudah. Kehadiran jasa import membantu masyarakat yang ingin memperoleh barang-barang branded atau barang tertentu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Terlebih banyaknya produk luar negeri yang dijual pada aplikasi belanja digital yang semakin membuat masyarakat mudah dalam mendapatkan produk yang berkualitas dan punya tampilan menarik. Yang mana diperoleh dari produsen luar negeri dengan prosedur pengepakan dan pengiriman yang cepat dan efektif oleh jasa pengiriman setiap harinya.

Kini, jika masyarakat ingin berbelanja barang, dapat langsung menghubungi aplikasi tertentu yang melayani penjualan barang-barang yang dihasilkan dari produsen luar negeri. Adapun biaya yang dikeluarkan juga cukup terjangkau sehingga tidak membuat masyarakat kapok untuk berbelanja di luar. Selalu ada pertambahan bagi masyarakat yang tertarik untuk berbelanja di luar negeri.

Demikian tadi informasi yang disampaikan sehubungan dengan alasan masyarakat Tanah Air berbelanja di luar negeri. Dengan kehadiran jasa import, kini aktivitas belanja barang-barang produk internasional dari produsen menjadi lebih mudah dilakukan.