Skip to content

Faktor Penentu Kesehatan dan Kepadatan Tulang

Tulang adalah salah satu organ tubuh manusia yang memiliki struktur yang keras dan kaku dimana membentuk kerangka manusia. Tulang mengalami perkembangan yang signifikan dari mulai usia anak-anak hingga dewasa. Ada banyak susu sapi kemasan yang dibuat untuk menunjang pertumbuhan tulang yang dijual bebas di supermarket.

Ketahui Beberapa Faktor Penentu Kesehatan Tulang di Masa Yang Akan Datang

Selama masa pertumbuhan, tulang akan menyerap dan menyimpan materi tulang yang baik yang akan digunakan selama masa hidup. Untuk itu Anda harus memastikan untuk bisa memberikan nutrisi untuk tulang yang baik dari makanan dan minuman yang bergizi selama masa pertumbuhan berlangsung. Ada beberapa faktor yang bisa menentukan kesehatan tulang pada seseorang.

  1. Sifat warisan dari orang tua

Faktor penentu kesehatan tulang yang pertama adalah sifat warisan dari orang tua. Dari mulai jenis kelamin, ras dan genetik yang diturunkan pada anak akan menentukan kepadatan tulang yang dimilikinya. Seperti misalnya jika seorang anak dilahirkan dari orang tua yang bertubuh tinggi, maka besar kemungkinan anak juga akan memiliki tubuh yang tinggi.

  1. Faktor hormonal

Dimana menurut penelitian wanita yang mengalami siklus haid secara rutin akan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik daripada mereka yang jarang mendapatkan siklus haid mereka. Faktor itu juga sangat mempengaruhi kesehatan kesuburan yang mereka miliki.

  1. Status gizi

Nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang yaitu kalsium. Kesehatan tulang yang dimiliki oleh seseorang akan sangat dipengaruhi oleh status gizi yang didapatkannya dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya setiap hari. Dalam hal ini konsumsi susu sapi kemasan pada usia pertumbuhan sangat dianjurkan.

  1. Aktivitas fisik yang mendukung

Kemudian kesehatan tulang juga sangat terpengaruh dari faktor aktivitas fisik yang dilakukannya. Seperti berlari, melompat, senam, bersepeda, main bola basket hingga berenang. Dimana jika seseorang memiliki aktivitas fisik yang tinggi maka hal itu akan membuat kesehatan tulangnya semakin baik dan sehat.

  1. Kondisi medis

Faktor yang juga menentukan kesehatan tulang berikutnya adalah dimana ada gangguan pertumbuhan tulang hingga adanya penyakit  kanker tulang. Untuk itu, jika sejak masih kecil tulang tak bisa berkembang dengan baik. Sebaiknya periksakan ke ahli kesehatan tulang secepatnya.

  1. Konsumsi obat tertentu

Dan kesehatan tulang juga bisa terganggu jika Anda mengonsumsi obat tertentu. Ada beberapa jenis obat yang sangat berpengaruh pada kesehatan tulang saat ini dan di masa yang akan datang.

Memilih Susu Kemasan Sebagai Sumber Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Salah satu sumber kalsium yang paling mudah untuk Anda dapatkan saat ini adalah susu. Saat ini ada banyak sekali susu sapi kemasan yang dijual dengan kemasan berbagai macam. Dari mulai susu murni yang segar hingga yang sudah dikemas dalam kemasan khusus sehingga bisa lebih tahan lama.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih susu kemasan dengan kualitas yang terbaik. Yang pertama adalah dengan memilih susu  yang kemasannya tidak rusak dan tidak melembung. Kemudian cara kedua adalah pilih susu cair ketimbang susu bubuk. Karena susu cair lebih minim pemrosesan ketimbang susu bubuk.

Meski susu cair dikemas dengan kemasan tahan lama di kondisi ruang namun lebih baik pilih susu kemasan yang disimpan di lemari es. Kemudian jangan lupa untuk cek kandungan gizi yang terkandung di dalam susu. Bandingkan kualitas antara satu merk susu cair lainnya dengan cara melihat kandungan gizi yang ada di dalam susu.

Cek tanggal kadaluarsa dan lihat kondisi susu sebelum Anda mengonsumsinya. Meski banyak toko yang memiliki kesadaran untuk selalu cek ulang tanggal kadaluarsa produk yang dijualnya, bukan tidak mungkin ada keteledoran sehingga mereka lalai memperhatikan hal tersebut. Jangan minum susu jika kondisinya sudah berubah warna, menggumpal atau berbau. Demikian beberapa cara untuk memilih susu sapi kemasan dengan kualitas yang terbaik.