Skip to content

Makanan Penyebab Kembung Yang Sering Ditemui

Makanan memang menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan dan juga aktivitas seseorang. Bagaimana tidak, dari makanan inilah nantinya akan tercipta tubuh yang sehat atau pun sebaliknya.

Makanan tak hanya akan memberikan dampak yang baik saja buat kesehatan namun, ada beberapa jenis makanan yang bisa memberikan berbagai macam efek yang membahayakan. Salah satu efek yang sering dirasakan adalah kembung.

Kembung memang bukan menjadi masalah serius yang harus ditangani karena kembung bisa menjadi hal yang sangat wajar untuk Anda semua. Akan tetapi, yang namanya perut kembung ini tak akan menjadi normal bila terjadi dengan sering kali. Sehingga, Anda harus mempelajari dan juga mengetahui kira-kira jenis makanan apa saja yang dapat menyebabkan perut kembung?

Makanan Penyebab Perut Kembung Yang Harus Dihindari

Ada banyak sekali permasalahan perut kembung yang disebabkan karena makanan yang dimakan. Sehingga, ketahui jenis makanan ini dan hindari saat tubuh Anda sedang tak nyaman dan juga sedang tak enak badan.

  • Kacang-kacangan

Salah satu makanan yang menyebabkan perut kembung adalah kacang-kacangan. Memang makanan ini sangat enak untuk dikonsumsi dan juga mengandung nutrisi yang tinggi sehingga makanan ini tak akan bisa dihindari. Akan tetapi, makanan yang satu ini dapat menghasilkan gas yang akan berakibat timbulnya perut kembung.

  • Sayuran kelompok kubis

Berbagai jenis sayuran seperti kubis, kol, dan juga kale mengandung serat rafinosa yang tinggi. Serat ini merupakan jenis serat yang sulit untuk dipecah sehingga akan menyebabkan tumpukan gas hingga akhirnya menyebabkan perut kembung.

Makanan Yang Harus Dihindari Porsinya Dalam Jumlah Banyak

Bukan hanya 2 jenis makanan di atas saja, karena masih terdapat jenis makanan lain yang harus dikurangi porsinya mulai saat ini. Makanan ini dapat mengakibatkan terjadinya kembung pada perut jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

  • Minuman bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi ini memang menjadi penyebab utama munculnya perut kembung. Pasalnya, saat meminum minuman soda ini Anda hanyalah akan menelan udara sehingga akan terjadi perut kembung nantinya.

  • Makanan berminyak tinggi lemak

Makanan yang tinggi lemak ini juga dapat menyebabkan perut kembung. Pasalnya, makanan yang tinggi lemak ini akan membuat kinerja sistem pencernaan semakin melambat sehingga akan menyebabkan makanan bermuara di usus kecil saja.

  • Makanan berpemanis

Makanan yang manis memang menjadi incaran dan juga kesukaan siapa saja. Namun, makanan yang manis ini tak akan baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Makanan yang mengandung pemanis seperti sorbitol, manitol, dan juga gula lainnya akan membuat makanan sulit dicerna oleh tubuh kita sehingga menyebabkan perut kembung setelahnya.

  • Susu dan turunannya

Ada beberapa orang yang memang mengakui memiliki masalah terhadap susu dan juga gula turunannya. Pasalnya, ada beberapa orang yang tak mampu mencerna gula laktosa sehingga dapat menyebabkan perut kembung. Gantilah susu Anda yang terbebas dengan laktosa seperti susu kedelai.

  • Gandum

Gandum memang menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi karena kandungan serat dan juga nutrisi yang tinggi. Akan tetapi, gandum ini akan menjadi berbahaya jika dikombinasi dengan berbagai jenis pati karena akan membuat perut menjadi kembung.

Contoh makanan di atas ini adalah makanan yang dapat memicu kembung pada perut. Makanan ini tak usah dihapuskan atau dihindari karena kebanyakan makanan adalah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cukup dikurangi porsinya saja dalam memelihara kesehatan harian kita.