Skip to content

Mencegah Bau Mulut Dengan Menyikat Lidah

Bagi Anda yang sensitif dengan bau, tentu sangat tidak menyukai orang dengan bau mulut yang tidak sedap. Nah tapi bagaimana jika Anda sendiri yang ternyata mengeluarkan bau mulut tidak sedap? Tentu Anda menjadi sangat tidak percaya diri dan malu untuk bergaul dengan teman. Karena itu, disini Anda akan dijelaskan mengapa terjadi bau mulut dan bagaimana solusinya. Yuk, check this out!

Mengapa Terjadi Bau Mulut

Selain gigi, Lidah juga menjadi bagian yang penting dari mulut. Apabila dengan sisa makanan yang Anda makan, Anda hanya membersihkan bagian gigi saja, tentu masih ada beberapa yang tertinggal pada lidah. Meskipun dalam bentuk partikel kecil, namun sisa makanan tersebut apabila tertumpuk pada lidah dan tidak segera dibersihkan, tentu bisa membuat mulut menjadi bau. Anda bisa mencoba sendiri apa yang terjadi jika Anda hanya membersihkan gigi Anda saja dan melewati bagian lidah untuk dibersihkan.

Apa Kerugian Bau Mulut

Mulut yang bau bisa menyebabkan Anda menjadi kurang percaya diri, sebab orang yang bau mulut biasanya menjadi ragu untuk membuka mulut. Apabila Anda orang yang memiliki mulut bau juga akan dihindari oleh yang lain, sebab orang lain pun tidak mau berdekatan dengan orang yang bau mulut. Hal ini juga sangat berpengaruh pada bagian kepercayaan diri Anda. Disebabkan karena mulut Anda bau, maka Anda tidak bisa secara gamblang mengucapkan apa yang perlu Anda katakana sebab ragu jika orang lain akan merasakan bau dari mulut Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pencegahan supaya terhindar dari bau mulut.

Cara Mencegah Bau Mulut

  • Supaya mulut Anda tidak bau, Anda bisa Memastikan kondisi mulut yang tidak kering. Misalnya dengan Menjaga air liur, maka Anda harus menyesuaikan kondisi Anda supaya tidak dehidrasi. Mulut kering juga menyebabkan plak, sehingga seharusnya Anda menghindarinya. Untuk itu, minumlah air supaya kondisi mulut tidak kering atau bisa juga mengunyah permen yang mengandung xylitol.
  • Menghindari makanan yang menyebabkan mulut menjadi bau. Misalnya makanan yang terlalu pedas, atau makanan berbau tajam seperti petai dan jengkol, atau buah seperti durian. Makanan tersebut memiliki Aroma yang bisa tertinggal dan menyebabkan bau. Akan Lebih baik supaya sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang tidak memiliki bau menyengat.
  • Jangan terlalu sering konsumsi kafein. Karena memperlambat produksi air liur yang membuat lidah kering dan menjadikannya bau. Bakteri bisa berkembang dan merusak gigi dari Sisa makanan yang menjadi tidak tercerna dengan baik dan tertinggal sehingga menyebabkan bau pada mulut.

Sikat Lidah Yang Paling Efektif

Dengan cara menyikat lidah langsung bisa membuang kotoran yang ada di mulut. Apabila lidah Anda bersihkan, tentu kotoran yang tertinggal akan menjadi hilang. Menyikat lidah dilakukan dengan lembut atau tidak keras sebab bisa membuat lidah Anda menjadi tergores apabila disikat dengan keras. Setelahnya Anda bisa menggunakan cairan pencuci mulut seperti produk-produk mouthwash supaya bisa membuat kondisi mulut menjadi segar.

Anda bisa melakukan Kerokan pada lidah dengan alat yang sesuai dengan bentuk lidah, misalnya yang bisa menjangkau sampai ke pangkal lidah seperti kerokan yang lembut, serta Anda nyaman menggenggam kerokan lidah ini. Dengan cara menyikat lidah juga Memperbaiki penampilan lidah, yaitu bisa menghilangkan warna putih pada lidah. Lidah menjadi lebih bersih sehingga bisa meningkatkan rangsangan terhadap rasa, Bisa mengusir bakteri yang menyebabkan bau, Mulut juga menjadi lebih sehat.

Semua orang pun sudah membuktikan apabila dengan menyikat lidah, setidaknya bisa membuat bau pada mulut Anda menjadi berkurang. Apabila Anda rajin melakukan perawatan pada lidah, yaitu membersihkannya, tentu saja daripada orang yang tidak melakukannya, lidah Anda terlihat lebih bersih dan segar. Anda juga bisa terhindarkan dari bau sebab tidak adanya sisa makanan yang dilewatkan untuk dibersihkan.