Skip to content

Tips Rahasia Membangun Rumah Yang Nyaman

Setiap manusia jelas memiliki beragam kebutuhan, akan tetapi ada tiga kebutuhan mendasar yang wajib dipenuhi, salah satunya adalah papan atau tempat tinggal. Tempat tinggal, umumnya rumah,, memang jadi satu tempat di mana manusia bisa beraktivitas domestik seperti makan, mandi, tidur dan sebagainya tanpa harus takut terlihat atau terganggu dari ancaman seperti cuaca buruk, panas, hujan, hewan liar, serta ancaman lainnya. Karena waktu kita dalam satu hari lebih banyak di rumah, terlebih di kala pandemi seperti saat ini, maka penting sekali untuk membuat rumah terasa nyaman agar para penghuninya bisa merasa betah. Biasanya saat pembangunan rumah, hal ini dirancang oleh jasa arsitek profesional. Tapi, tahukah Anda jika ada beberapa rahasia yang bisa diterapkan untuk membangun rumah yang nyaman?

Unsur Dalam Membangun Rumah Yang Nyaman

Pada saat membangun rumah, penting sekali untuk tetap memperhatikan beberapa unsur yang bisa membuat rumah yang nyaman dan juga tentu saja sehat. Dengan memenuhi unsur ini, pastinya rumah akan terasa lebih baik lagi. Ada tiga unsur yang harus dipenuhi dan berikut beberapa di antaranya.

  1. Pencahayaan natural yang bagus

Sebuah rumah pastinya membutuhkan suatu penerangan agar bisa beraktivitas lebih baik. Tapi, tahukah Anda jika pencahayaan alami dari sinar matahari lebih baik ketimbang menggunakan lampu? Alasan pertamanya adalah karena lebih irit dalam penggunaan listrik karena tidak perlu lampu. Dengan begitu, tagihan listrik bisa ditekan. Alasan yang kedua adalah lebih terasa hangat, sehingga rumah Anda juga tidak akan lembab dan tidak mudah rusak karena lumut atau jamur. Selain itu, cahaya matahari sendiri juga dipercaya bisa membunuh kuman dan bakteri. Ada baiknya jika mencoba untuk menghadirkan konsep rumah dengan banyak jendela atau dengan atap yang transparan.

  1. Ventilasi alami yang maksimal

Meski sering dianggap sepele, namun nyatanya ventilasi punya peran yang penting dalam suatu ruangan. Jangan sampai jasa arsitek tidak menaruh ventilasi dan hanya mengandalkan AC saja. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat. Pertama, ventilasi adalah jalur masuk keluarnya udara sehingga sirkulasi udara akan tetap lancar. Yang kedua, ventilasi sendiri juga bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran dan polusi udara dari dalam rumah, dengan begitu kondisi udara akan lebih bersih dan sistem pernapasan akan lebih sehat. Yang ketiga adalah menghilangkan rasa pengap dalam rumah dan yang keempat adalah mengurangi kelembaban di dalam rumah.

  1. Pemanfaatan ruang terbuka hijau

Banyak orang yang langsung memanfaatkan semua lahan yang ada untuk dibangun rumah. Padahal, idealnya adalah 60 persen lahan digunakan sebagai ruang hijau terbuka dan 40 persennya untuk bangunan. Dengan adanya ruang hijau terbuka, kita bisa memanfaatkannya untuk menanam pohon, tanaman obat, atau jenis tumbuhan lainnya. Banyaknya tanaman yang ada di lahan tersebut jelas memberikan sumbangsih untuk menghasilkan udara segar dan menurunkan suhu di sekitar. Selain itu, lahan terbuka juga bisa dijadikan area bersantai dan bermain dan Anda juga bisa menikmati hasil dari tanaman.

Tips Dalam Menata Rumah Agar Nyaman

Perihal rancangan bangunan, tentu itu tugasnya jasa arsitek. Akan tetapi, Anda juga bisa melakukan beberapa hal agar rumah yang Anda tempati juga terasa nyaman. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Taruh furnitur dan dekorasi secukupnya

Rumah yang terlaku sumpek jelas akan mengurangi kenyamanan selama di rumah. Oleh karena itu, penting sekali untuk mempertimbangkan barang yang ada di rumah. Pilihlah furnitur dan dekorasi yang memang dibutuhkan, ukuran sesuai, serta jumlah yang cukup agar tidak memenuhi rumah.

  1. Pemilihan warna yang tepat

Warna ruangan ternyata juga punya dampak bagi suasana ruangan. Cobalah untuk memilih warna yang terang atau pastel agar suasana lebih terasa kalem dan menyenangkan.

  1. Taruh barang sesuai tempatnya

Kondisi rumah yang berantakan jelas sangatlah tidak enak dipandang. Oleh karena itu, cobalah untuk menaruh barang yang ada di tempatnya dan juga ditata dengan baik.

  1. Rajin dibersihkan

Ada baiknya jika Anda juga rutin melakukan bersih-bersih rumah seperti menyapu, mengepel, dan lainnya. Dengan begitu, kondisi rumah juga akan lebih bersih, rapi, dan juga sehat.

Itulah tadi beberapa yang bisa dilakukan agar rumah bisa terasa lebih nyaman dan sehat. Bagi Anda yang saat ini sedang mencoba untuk membuat rumah yang nyaman, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan jasa arsitek ya!